Friday, July 05, 2013

KENJI

Kenji, komik bestseller yang pernah diterbitkan oleh Elex Media sekitar tahun 1993 hingga 1995 (dalam format ukuran B4), kini hadir kembali dalam kemasan yang berbeda. Lebih tebal. Jika edisi terdahulu tamat sampai pada nomor 21, versi kali ini akan selesai hingga nomor 12 saja. Ini merupakan salah satu komik yang layak untuk dikoleksi. Dulu saya tidak sempat untuk memilikinya. Terima kasih kepada Elex Media, yang akhirnya merilis kembali komik ini dalam varian yang berbeda. Dan diberi judul Premium Kenji. Berikut saya berikan sinopsisnya sebentar.

Komik Kenji menceritakan seorang anak yang bernama Goh Kenji yang menyukai seni ilmu bela diri. Ilmu bela diri itu diajarkan oleh kakeknya yang bernama Goh Kyotaro. Ilmu bela diri yang dikuasai Kyotaro adalah kungfu Delapan Mata Angin yang dibesarkan oleh Lie Syo Bun. Kedua orang tua Kenji (terutama ibunya) sebetulnya menentang Kenji mempelajari bela diri dari kakeknya. Mereka berpikir bahwa kakeknya mengajarinya untuk berkelahi. Bahkan, karena suatu kejadian yang menyebabkan Kenji terluka, kakek Kenji "diusir" pulang oleh ibunya.

Seperti halnya kebanyakan anak, sifat Kenji selalu saja nakal, jahil, konyol, dan lucu. Namun, disisi lain Kenji merupakan anak yang pandai, setia kawan, cepat tanggap, suka berusaha, dan pemberani. Hal ini menyebabkan ia disukai teman-temannya. Salah satu temannya bernama Ichimura Taichi. Taichi ini pada dasarnya lemah dan penakut sehingga selalu saja diganggu oleh anak-anak nakal. Sering kali, Kenji turun tangan untuk membantunya. Selain Taichi, Kenji juga berteman dengan Kazama Akira, seorang gadis dari keluarga pedagang yang diselamatkannya dari beberapa pembuat onar. Diam-diam Akira menaruh hati pada Kenji.

Suatu waktu, Kyotaro berpamitan kepada Kenji dan kedua orang tuanya untuk pergi ke daratan Cina. Hal ini dilakukannya untuk menepati janjinya untuk bertemu kembali kepada para teman-temannya yang dulu pernah menyelamatkan nyawanya. Di daratan Cina sanalah Kyotaro pertama kali belajar kungfu Delapan Mata Angin. Tahun demi tahun berlalu semenjak kepergian Kyotaro. Kenji mengasah dan melatih ilmu bela dirinya sendiri sampai ia bertemu seorang tetua bernama Cho Jin Chu. Selain itu Kenji juga berteman dengan banyak orang dan bertemu dengan seorang rival terberatnya bernama Tony Tan.

Suatu ketika, terjadi keributan di sekolah Kenji yang melibatkan dirinya dan Tony Tan. Akibatnya, Kenji diskors dengan batas waktu yang tidak ditentukan. Oleh tetua Cho, Kenji disarankan pergi ke daratan Cina untuk mencari kakeknya yang dikabarkan hilang untuk memanfaatkan waktu yang kosong itu. Dengan berat hati, kedua orang tua Kenji akhirnya menyetujui kepergian anak mereka satu-satunya. Hari keberangkatan pun tiba. Di pelabuhan, Kenji dilepas oleh orang tua, Akira, Taichi dan teman-temannya yang lain. Dan pertualangan pun dimulai.

Menurut saya, komik yang dikarang oleh Ryuchi Matsuda dan digambar oleh Yoshide Fujiwara ini sangat bagus ditinjau dari isi ceritanya. Berbagai jenis ilmu bela diri yang ada di dalam komik ini bukanlah fiksi belaka. Begitu juga dengan tempat-tempat/daerah-daerah yang ada pada cerita komik ini. Semuanya benar-benar ada. Entah bagaimana Ryuchi Matsuda mendapatkan informasi yang mendetail seperti itu. Yang jelas ia benar-benar layak mendapatkan pujian.

Tambahan: Kenji diterbitkan pertama kali di Jepang pada tahun 1988. Tamat pada tahun 1992. Berada di bawah naungan penerbit Shogakukan.

1 comment:

Kyrie Keka said...

Pernah baca waktu kecil, tapi gak tau detil ceritanya (bacanya gak urut, loncat2 vol-nya). Cuman tau ni komik ttg beladiri...