Wednesday, October 28, 2015

Aksi Sosial ke Panti Jompo & Panti Asuhan

Hari Sabtu, tanggal 24 Oktober 2015 kemarin, saya yang tergabung dalam Relawan Melawan Asap Palangka Raya bekerja sama dengan Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Palangka Raya mengadakan aksi sosial berupa bagi-bagi masker, multivitamin, oksigen, pakaian layak pakai, dll. Aksi sosial ditujukan pada dua tempat. Yaitu Panti Jompo Sinta Rangkang dan Panti Asuhan Agape. Kedua panti ini berada di Tangkiling (Kecamatan Bukit Batu), sekitar 30 km dari pusat kota Palangka Raya dan memakan waktu 30 menit perjalanan darat.

Rombongan berangkat dari halaman kampus FKIP Universitas Palangka Raya sekitar pukul 08.30 WIB dengan menggunakan 3 bus dan 2 mobil pribadi. Pukul 09.00 WIB rombongan sampai di Panti Jompo Sinta Rangkang yang langsung disambut oleh beberapa orang pengurus panti. Setelah menyerahkan bantuan secara simbolik, dilanjutkan dengan membagi-bagikan masker kepada semua orang tua yang ada di panti. Dibantu dengan mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya, pembagian masker dapat berjalan dengan baik dan lancar. Bahkan tak jarang memunculkan perasaan haru.

Kurang lebih sejam berada di panti jompo, rombongan melanjutkan aksinya ke Panti Asuhan Agape. Panti asuhan ini berisikan kurang lebih 70-80 anak, mulai dari yang termuda berumur 3 tahun sampai dengan yang tertua (sudah kuliah). Rombongan disambut dengan hangat oleh pengurus panti. Beliau merasa sangat bersyukur dan berterima kasih sekali karena ada sumbangan berupa masker, multivitamin dan oksigen. Beliau mengaku bahwa panti asuhan yang dia bina belum pernah mendapatkan bantuan dari pihak manapun saat kabut asap mulai menjadi bencana di Kalimantan Tengah. Hampir sejam berada di Panti Asuhan Agape, rombongan pun mohon pamit untuk segera balik ke kota Palangka Raya.

Kami sadar bahwa apa yang kami berikan mungkin tidaklah seberapa. Walau begitu semoga bermanfaat bagi mereka dan marilah kita berdoa agar kabut asap ini segera berakhir dan kita bisa kembali menyaksikan betapa indahnya langit yang biru.

Terima kasih kami haturkan kepada donatur yang telah mempercayakan donasinya kepada kita. Tuhanlah yang kiranya membalas segala kebaikan.

No comments: