Wednesday, August 31, 2016

DON'T BREATHE

Don't Breathe, salah satu film bergenre horor dan thriller dengan tema "home invasion" yang menurut saya wajib untuk dijajal. Selain kreatif, juga inovatif. Menawarkan kengerian dan ketegangan yang dapat membuat penonton berteriak-teriak histeris bercampur panik. Dan itu belum lagi ditambah dengan kejutan-kejutan yang bisa membuat jantung berhenti sekejap saat. Sesuai dengan judulnya, film ini sanggup mengajak kita untuk turut serta menahan nafas saat menyaksikannya.

Don't Breathe bukanlah film hantu. Jangan terjebak dengan kata "horor" yang saya sebut di atas tadi. Walaupun tidak menampilkan penampakan sesosok mahluk halus, film ini sukses memberikan ketegangan yang sangat intens serta mencekam. Plotnya sederhana, yakni sekelompok anak muda yang ingin merampok rumah milik seorang pensiunan tentara yang tuna netra. Sepintas gampang. Namun ternyata segala sesuatunya di luar dugaan. Di rumah itu mereka justru menemukan hal di luar kewajaran yang pada akhirnya mengancam nyawa mereka sendiri.

Don't Breathe sendiri disutradarai oleh Fede Alvarez. Orang yang sama saat menggarap sebuah film remake berjudul Evil Dead pada tahun 2013 lalu. Fede Alvarez adalah sosok sutradara yang tidak segan-segan menampilkan adegan nyeleneh. Hal tersebut juga dia selipkan di film Don't Breathe ini. Diantaranya terkait BDSM.

Akhir kata, walaupun Don't Breathe hanya berdurasi sekitar 80 menit saja, itu sudah lebih dari cukup untuk menggedor jantung kalian. Buktikan sendiri.

7,5/10

Jika saya tak salah lihat tadi, sepertinya ada bagian yang disensor. Too bad.

No comments: