Wednesday, October 19, 2016

JACK REACHER: NEVER GO BACK

Jack Reacher kembali hadir pada sekuelnya kali ini yang mengambil sub-judul Never Go Back. Dimana film terdahulunya tayang tahun 2012 lalu. Tom Cruise, aktor tampan yang sudah mulai termakan usia, kembali hadir untuk memerankan Jack Reacher, seorang mantan polisi militer penuh penghargaan yang tidak memiliki apa-apa (homeless). Walaupun sudah tidak aktif lagi di militer, Jack kerap dimintai bantuan untuk mengusut suatu kasus. Premis sekuelnya kali ini adalah ia diminta kembali ke markas. Namun di sana ia dituduh terlibat atas pembunuhan yang terjadi 16 tahun silam. Maka dimulailah aksi Jack untuk mengungkap kebenaran dibalik konspirasi pemerintah. Di luar dugaan, dalam pelariannya Jack akan berurusan dengan sesuatu yang menyangkut masa lalunya.

Bila dibandingkan dengan film pertamanya, dimana lebih berfokus pada kemampuan Jack menyelidiki dan menggali sebuah kejadian, sekuelnya kali ini lebih mengedepankan sisi  aksi (action) dan kemampuan fisiknya. Aksinya berupa kelahi tangan kosong dan senjata cenderung keras. Mungkin akan mengakibatkan rasa ngilu bagi sebagian penonton. Ceritanya minim kejutan, namun tetap berjalan intens sampai akhir. Unsur dramanya sedikit terasa dengan adanya seorang tokoh yang memiliki hubungan spesial dengan Jack. Kehadiran Cobie Smulders (berperan sebagai Susan Turner) dinilai sangat berhasil dan memberikan warna baru pada filmnya. Karena kehadirannya tidak hanya sebagai pelengkap, tapi juga mampu mengimbangi Jack dalam sisi aksi dan deduksi. Percaya deh, kalian bakal jatuh cinta sama karakter yang satu ini. Sama seperti terdahulunya juga, film yang kurang lebih berdurasi 2 jam ini sesekali menampilkan kelucuan-kelucuan yang segar.

Jack Reacher: Never Go Back sendiri disutradarai oleh Edward Zwick, yang sebelumnya pernah bekerja sama dengan Tom Cruise pada film The Last Samurai. Film ini juga merupakan adaptasi dari versi novel (seri ke 18) buah karya dari Lee Child.

Secara keseluruhan, bagi saya Jack Reacher: Never Go Back cukup menghibur. Adegan aksinya entah kenapa mengingatkan saya dengan film-film aksi tahun '90-an. Tidak bertele-tele dan tepat ke sasaran. Enjoy then.

7/10

No comments: