Thursday, July 28, 2016

JASON BOURNE

Mungkin ada yang bingung Jason Bourne ini film apa lagi sih? Well, saya jabarkan secara singkat. Masih ingat dengan The Bourne Identity (2002), The Bourne Supremacy (2004) dan The Bourne Ultimatum (2007)? Tentu ingat dong. Ketiga film ini sering disebut sebagai The Bourne Trilogy. Ceritanya masih mengambil konsep originalitas dari novelnya. Pada tahun 2012 lalu juga sempat ada The Bourne Legacy yang entah kenapa justru tidak dianggap oleh orang-orang. Walaupun Jason Bourne merupakan film kelima, namun secara timeline (lini masa) film ini meneruskan kisah dari The Bourne Ultimatum.

Jason Bourne ini bisa dibilang sekuel yang sebenarnya tak perlu untuk dibuat filmnya. Kisah pencarian jati diri dari David Webb sesungguhnya telah berakhir di The Bourne Ultimatum kemarin. Mungkin karena alasan bisnis, hadirlah Jason Bourne. Sebuah film yang juga sebenarnya tidak berdasarkan bukunya lagi. Jadi murni imajinasi dari penulis skrip.

Walau begitu, Jason Bourne masih menawarkan tontonan yang cukup menegangkan. Baik itu melalui aksi maupun spionase. Matt Damon yang sudah mulai dimakan usia masih terlihat segar bugar melakonkan berbagai adegan berantem. Alur cerita juga berjalan dengan cepat. Satu-satunya yang membuat saya kesal adalah pengambilan gambar dengan teknik "shaky/handheld cam" saat adegan aksi. Bikin pening kepala saja. Huh!

Secara garis besar film ini biasa saja. Tak menawarkan hal yang baru, termasuk dari segi ceritanya (biarpun sebenarnya terdapat konflik baru yang tetap melibatkan masa lalu dari seorang David Webb eks agen CIA). Tapi, bila kalian rindu dengan film aksi spionase yang lengkap dengan kejutan-kejutan tak diduga di dalamnya, maka film ini boleh lah untuk dijajal.

6,5/10

Bila film ini dibuatkan lagi sekuelnya, well, I give up. Cukup sampai di sini saja.

No comments: