Wednesday, July 20, 2016

STAR TREK BEYOND

Berbeda dengan dua film sebelumnya, yaitu Star Trek dan Star Trek Into Darkness yang disutradarai oleh J.J. Abrams, Star Trek Beyond kali ini digarap oleh Justin Lin. Walaupun Justin Lin kita ketahui kerap menggarap film-film yang bertema balapan mobil, ternyata ia mampu meramu dan meracik sedemikian rupa film yang bergenre action/adventure/science-fiction ini hingga menampilkan sebuah tontonan yang berkualitas.  Yup, tak bisa dipungkiri. Star Trek Beyond adalah sebuah film yang sensasional. Menurut saya pribadi, ini merupakan yang terbaik dari 3 buah seri film Star Strek yang telah dimulai sejak tahun 2009 lalu.

Ceritanya ternyata tidak berat. Dan juga tidak menitikberatkan pada dialog-dialog panjang seperti halnya 2 film sebelumnya. Kali ini lebih dimanjakan dengan adegan aksi yang cukup banyak. Alur cerita dan storytelling mengalir enak apa adanya dan gampang dimengerti oleh siapapun. Semua terlihat jelas, mulai dari pengembangan karakter/kasus, konflik hingga klimaks film. Tak sedikit juga di sini dijumpai guyonan serta candaan yang konyol namun berkelas yang dapat membuat penonton tertawa renyah. Dari sisi visual, sepertinya tak perlu dipertanyakan lagi. Special effect serta CGI bermain dengan apiknya. Sepertinya Star Trek Beyond pasti oke sekali bila ditonton versi 3D bahkan 4D-nya.

Salah satu hal yang memberikan keasyikan tersendiri dari film ini adalah Justin Lin menyelipkan bahkan menampilkan beberapa hal yang berhubungan erat dengan Star Trek era tahun '80 dan '90-an (versi serial TV). Mengajak kita bernostalgia sejenak. Saya yakin kaum Trekkie (sebutan untuk penggemar berat Star Strek) pasti gembira dengan "kilas balik" seperti ini.

Oh iya. Ada artis dari Indonesia yang bermain di film Star Trek Beyond. Yaitu si Joe Taslim. Kali ini dia memerankan sebuah karakter bernama Manas, seorang villain yang menyerupai alien. Dan penampilan Joe Taslim cukup lama dan sering. Tidak seperti Yayan Ruhian, Iko Uwais dan Cecep Arif Rahman yang tampil hanya beberapa detik di Star Wars: The Force Awakens kemarin itu. Kehadiran Joe Taslim di film ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita.

Secara keseluruhan, sebagai konklusi dari saya, Star Trek Beyond adalah sebuah film petualangan serta aksi yang benar-benar menghibur dan menyenangkan. Silakan dirasakan sendiri bagaimana keseruan dan kejutan-kejutan yang ada. Dan dengar-dengar, bakal ada sekuelnya lagi. Wow!

8/10

No comments: