Tuesday, September 04, 2012

THE BOURNE LEGACY

Baru nonton siang tadi. Nonton bersama seorang sahabat. Sebenarnya saya berniat kepingin nonton The Expendables 2. Itu tuh sebuah film yang di dalamnya banyak dijumpai aktor-aktor laga jadul. Namun sesampainya di 21 Cineplex Palma, teman merubah keputusannya dan ingin menyaksikan film The Bourne Legacy. Berhubung dia yang bayar, ya saya ngikut saja sih. Masa sudah ditraktir malah kita yang ngotot. Gak mungkin khan?

Selesai menonton film (adaptasi novel milik Robert Ludlum) yang mengambil alur sebelum The Bourne Identity (alias prekuel) ini, tanggapan saya akan film ini cukup datar saja. Tidak sebagus saganya Jason Bourne. Dan juga tidak jelek-jelek amat sih. Namun tetap saja terasa ada sesuatu yang hilang. Termasuk Jeremy Renner yang kharismanya tidak bisa menaklukkan perannya sebagai Aaron Cross. Entah kenapa saya masih terbayang Jeremy Renner sebagai tokoh superhero Hawkeye dalam film The Avengers. Jalannya cerita menurut saya sedikit berat. Penonton memang diharapkan memperhatikan dialog-dialog yang disampaikan agar mengerti jalannya cerita keseluruhan. Termasuk mengingat-ingat kembali cerita film The Bourne Identity yang dirilis tahun 2002 silam. Dampak negatif dari hal semacam itu adalah penonton cepat atau lambat akan merasa bosan. 

Adegan laga termasuk minim. Namun beberapa kali laganya mampu membuat penonton sedikit merasakan sport jantung yang luar biasa serta menahan nafas untuk beberapa detik. Sayang, adegan laga terakhir (di Manila) dimana Aaron Cross diincar dan balap-balapan dengan seorang agen rahasia asal dari Thailand sangat tidak memberikan rasa klimaks bagi saya pribadi. Biasa banget!

Alhasil, film ini saya beri rating 3/5 bintang saja. Bila saya boleh memberikan saran, mending nonton VCD/DVD-nya saja deh. Terlalu sayang rasanya mengeluarkan duit untuk menonton film ini di bioskop. Mungkin duitnya dialihkan buat menonton film The Expendables 2 saja? Soalnya saya lihat di situs Rotten Tomatoes, rating The Expendables 2 justru lebih bagus daripada The Bourne Legacy. Tahu saja khan gimana kritisnya orang-orang yang berkunjung dan berdiskusi di situs Rotten Tomatoes itu.

Semoga berkenan.

No comments: