Sunday, August 19, 2012

TURBIDITY - Suffering of Human Decapitated

Suffering of Human Decapitated, merupakan judul full length album perdana miliknya TURBIDITY yang dirilis di bawah naungan label Extreme Souls Production (biasa disebut ESP). ESP juga membawahi beberapa band cadas lainnya. Sebut saja seperti JASAD, PLASMOPTYSIS, BLOODGUSH, BRAIN ASS, OPIUM, dll. TURBIDITY sendiri adalah band beraliran slamming brutal death metal asal Bandung, Jawa Barat. Terbentuk sejak bulan Pebruari 2008. Dihuni oleh empat orang personil. Mereka adalah Dada Rosadeath sbg guttural voice/piq squeal, Daniel Turbiyem di posisi gitar, Tangkil pada bass dan terakhir Iko Karbon yang tentunya menggawangi posisi drum.

Albumnya berisikan 10 buah lagu. Termasuk satu lagu miliknya JASAD yang mereka cover/bawakan dengan gaya mereka sendiri. Lagu yang beruntung tersebut adalah The Amelia's Revenge (dari album Witness of Perfect Torture). Cadas euy!!

Bisa saya katakan, album ini sangat worth untuk disimak (walaupun menurut saya musiknya kental dengan pengaruh DEVOURMENT & PATHOLOGY). Terlebih jika kalian yang freak banget dengan alunan down-tempo plus distorsi berat nan pelan, tentunya sangat enak sekali bila dibarengi dengan hentakan kepala naik turun alias headbang. Beberapa lagu yang bisa dijadikan sebagai highlight untuk album ini adalah: Membunuh atau Dibunuh, Infernal from Malidiction, Path of Mutilated dan Your Pain is My Pleasure.

Dalam album ini juga terdapat 3 buah lagu lama milik TURBIDITY yang sebelumnya sudah pernah dirilis dalam bentuk demo promo (bisa dilihat di sini). yaitu Path of Mutilated, Marah Termuntah dan Persetubuhan Darah. Hanya, versi albumnya ini sudah mengalami proses rekam ulang (rerecording) yang makin membuat ketiga lagu tersebut makin terlihat segar, cadas dan garang. Namun sayangnya, tempo agak sedikit diturunkan.

Tertarik dengan album ini? Beli lah CD-nya! Atau kalo mau download, sudah banyak tuh linknya beredar. Namun ada baiknya bila kita mensupport band-band metal/underground Indonesia dengan membeli karya-karyanya. It's a must, kawan!

Akhir kata, album ini sangat layak saya masukkan ke dalam 10 album terbaik metal Indonesia untuk tahun 2011 ini. Let's see...!

In death we trust, in brutality we blast!

Catatan: Review ini saya tulis sekitar bulan Oktober 2011. Informasi terbaru, Dada Rosadeath sudah cabut dan tidak lagi menjadi vokalis TURBIDITY.

No comments: