Monday, August 13, 2012

OPIUM - Necrology Disorder


Nah, umur band boleh muda. Tapi berbicara soal karya, OPIUM tampil ganas! Yup, melalui album debutnya yang diberi judul Necrology Disorder (rilis sekitar kuartal 2010 kemarin), OPIUM sekedar ingin membuktikan jati dirinya bahwa mereka merupakan salah satu band brutal death metal asal kota kembang Bandung yang layak untuk diperhitungkan. Saya yakin band ini untuk masa ke depannya akan memiliki prospek yang sungguh luar biasa. Mereka bisa menjadi salah satu band besar di dunia undeground Indonesia. Lihat saja!!! Terus terang saja, saya masih baru mengenal band ini. Saya mengenalnya sejak tahun 2009 kemarin, yaitu saat saya menjajal lagu mereka, Mansturbation of Murder, yang masuk dalam album kompilasi PANCEG DINA GALUR 2009. Sebuah album kompilasi yang diisi oleh band-band brutal death metal kota Bandung. Bandung memang gudangnya band brutal nih!

Necrology Disorder berisikan 10 buah tembang lagu yang benar-benar menguras tenaga anda. Ya iya lah jika dengerinnya sambil berheadbang-ria! Haha. Bingkai Mayat Busuk [03:21], sangat tepat sekali dijadikan track pertama. Tangisana Jiwa Perusak [03:16] dan Kodrat Sunda Nepi Binasa [03:05] bermain dengan tempo cepat yang sesekali diisi dengan jeda nge-slam. Propaganda Religion [03:20] sekali lagi menawarkan riff-riff gitar yang berat dan down tempo. Destruction Above Be Collapse [04:26], salah satu lagu yang saya sering puterin. The song title, Necrology Disorder [04:53], sebuah lagu yang memang pantas dijadikan judul album. Salah satu lagu andalan yang bisa kalian simak dalam album ini. Kasisit Sabit Kalengkah Panca Ucap [05:17], judul lagu yang memakai bahasa Sunda ini juga oke banget untuk menaikkan adrenalin menuju lagu berikutnya, Terjilat Kaum Murtad [06:53] yang tetap ngotot dan brutal! Agak sedikit unik pada bagian awal dan juga akhir lagu Kasisit Sabit Kalengkah Panca Ucap, di mana bisa didengar semacam kesenian tradisional suku Sunda (mungkin?). Terjilad Kaum Murtad menjadi lagu yang memiliki durasi terpanjang dalam album ini. Energinya tiada mati! Vomit of Torture [02:08] menjadi lagu terakhir untuk mengiringi album ini menuju sebuah track outro, Punishment [01:30]. Sebuah track outro yang manis menurut saya. Terasa sekali nuansa kesepian yang sangat gelap dan mencekam.

Secara keseluruhan, album ini layak lah untuk dijajal. Trust me!

Tak kenal maka tak sayang. Sekilas profile dari OPIUM. Band ini terdiri atas empat orang personil. Mereka adalah Fajar pada posisi death-vocals/guttural, Tony sebagai gitaris, Chandra memegang alat bass dan terakhir Arif yang menggawangi posisi drum. OPIUM terdaftar dalam label EXTREME SOULS PRODUCTION. Label yang juga menaungi band brutal death metal asal Bandung lainnya, seperti JASAD, PLASMOPTYSIS, dll.

Salam dua jari!!!

No comments: