Wednesday, October 07, 2015

THE MARTIAN

The Martian, sebuah film bertema science-fiction yang lagi-lagi datang dari salah satu sutradara favoritku, Ridley Scott (Alien, Gladiator, Prometheus, dll). Inti ceritanya adalah seorang astronot bernama Mark Watney (diperankan oleh Matt Damon) yang tewas di planet Mars dan ditinggalkan oleh teman-temannya. Namun yang terjadi adalah Watney ternyata masih hidup. Dimulailah misi untuk menyelamatkan Watney dan membawanya kembali ke Bumi. Sementara penyelamatan sedang dilakukan, Watney mau tidak mau mesti berjuang dan bertahan hidup tinggal di planet Mars, sendirian, dengan mengerahkan segala kemampuan, kecerdasan, akal dan tentunya semangat.

Dengan durasi yang mencapai sekitaran 140 menit, The Martian mampu membawa penonton ikut merasakan bagaimana seru, memukau dan menegangkannya petualangan di planet lain serta perjalanan ruang angkasa/antariksa yang menyenangkan. Didukung lagi dengan teknik sinematografi dan special effect yang memukau, penonton pasti akan takjub. Walaupun ini film fiksi yang berisikan teori-teori ilmiah, namun di tangan Scott semuanya itu dapat dijabarkan dengan sederhana sehingga penonton gampang mencerna dan memahami apa saja yang dijelaskan dalam film ini. Sepertinya Scott ingin menyampaikan bahwa film dengan genre science-fiction tidak harus selalu dihadirkan dengan science yang rumit, seperti Interstellar itu. Ups.

Kejeniusan Scott dalam meramu dan mengolah filmnya ini juga didukung dengan berbagai hal. Mulai dari guyonan-guyonan yang segar, beberapa momen atau konflik drama yang emosional, sisi kemanusiaan sampai dengan pemilihan lagu-lagu (soundtrack) yang didengarkan pada film ini. Siapa yang tidak kaget dan tidak ingin ikut bergoyang saat diperdengarkan tembang disko lawas miliknya Gloria Eleanor dan ABBA. Serasa di luar konteks tapi tetap saja nyambung.

The Martian dapat saya bilang merupakan salah satu film terbaik tahun ini. Saya juga yakin film ini setidaknya dapat memboyong minimal satu Piala Oscar, entah itu kategori apa. Lihat saja nanti.

8,5/10.

In your face, Neil Armstrong!

1 comment:

Abdul Chair said...

Sekalian spoilernya dong om ..... :D