Monday, August 24, 2015

INSIDE OUT

Setelah menunggu lama akhirnya Pixar kembali ke jalan yang benar. Inside Out sebuah film yang cantik, indah dan penuh emosi yang digarap dengan genius. Sangat berkualitas! Karya terakhir Pixar yang menurut saya benar-benar oke ada pada tahun 2010 lalu. Yakni Toy Story 3. Setelah itu melempem. Dan butuh 5 tahun bagi Pixar untuk kembali ke level tertingginya. Gitu dong, Pixar! Well done!

Film-film animasi karya Pixar selalu memiliki ciri khas dan tema tertentu. Toy Story dengan mainannya. Finding Nemo dengan dunia bawah lautnya. Cars dengan mobil-mobil balapnya. Monster, Inc dengan penampakan mahluk seram yang tugasnya menakuti manusia. Nah untuk Inside Out kali ini mengambil tema tentang 5 pikiran/perasaan yang ada. Joy (senang), Sadness (sedih), Fear (takut), Disgust (jijik) dan Anger (amarah). Premisnya sangat rumit dan kompleks jika disimak secara seksama. Namun di tangan Pixar hal tersebut menjadi mudah dimengeri dan dipahami. Anak-anak dijamin tak akan merasa berat dalam menerjemahkan dan mencerna cerita film ini. Banyak sekali pelajaran dan pesan tentang kehidupan yang bisa dipetik dalam film ini. Tidak hanya bagi anak-anak saja, tapi juga bagi orang tua.

Inside Out, sebuah film yang mampu menyentuh hati paling dalam. Menjelaskan kepada kita secara gampang tentang 5 pikiran/perasaan yang ada pada manusia. Semuanya saling berkaitan. Bersinergi. Saling membutuhkan dan mendukung. Tidak ada yang dominan. Contohnya adalah yang menjadi poin utama dalam film ini: Bahwa kebahagiaan tidak akan bisa kita rasakan dan temukan tanpa pernah mengalami, memahami dan memaknai apa itu kesedihan.

Siapkan tisu saat hendak menonton film ini.

9/10.

Tambahan:
- Inside Out sepertinya bakal sukses untuk mendapatkan penghargaan sebagai film animasi terbaik dalam ajang Piala Oscar 2016 mendatang.
- Jangan lupakan juga bahwa Pixar masih akan melemparkan sebuah karyanya lagi tahun ini. Judulnya The Good Dinosaur. Rilis bulan November nanti.
- Seperti kebiasaan Pixar/Walt Disney, sebelum film mulai akan ada sebuah film pendek. Film pendek yang menjadi pembuka Inside Out berjudul Lava. So cute! Pastikan diri kalian jangan terlambat masuk ke dalam studio.

No comments: