Saturday, January 24, 2015

WHIPLASH

Quick review! Ada yang menggemari musik jazz? Dan juga fasih dalam bermain alat musik drum? Bila iya, maka film yang satu ini wajib sekali untuk disimak. Karena memang film ini intinya menggambarkan apa itu jazz. Biarpun di dalamnya kental dengan jazz, ini bukanlah sebuah film musikal ala Glee dan semacamnya itu. Ini adalah sebuah film drama dengan intensitas emosional yang tinggi sekali. Membawa penonton larut ikut dengan cerita yang sangat kompleks, namun padat, berisi dan gampang dimengerti.

Film ini bagus dilihat dari sisi manapun. Baik itu para aktornya yang melakoni perannya dengan super apik (terutama pada dialog-dialog cerdas antara protagonis dan antagonis), teknik sinematografi yang top sampai dengan penjabaran secara musikalitas dari genre jazz itu sendiri. Menjadikan film ini makin terlihat luar biasa di atas ekspektasi.

Padahal, sebelum film Whiplash ini benaran jadi, sutradaranya, yakni Damien Chazelle, menerangkan bahwa ia sempat tidak memiliki dana untuk proses pembuatan filmnya. Untuk mendapatkan sejumlah dana yang dibutuhkan, ia mengolah Whiplash ke dalam versi short film lantas mendaftarkannya pada ajang Short Film Jury Awards. Di luar dugaan, menang. Hadiah yang diterima dalam bentuk dana digunakan untuk membuat Whiplash yang akhirnya kita kenal sekarang.

Whiplash adalah sebuah film yang unik, berbeda, berkelas, bermutu dan inspiratif. Ditambah juga dengan banyaknya pesan-pesan positif yang terkandung di dalamnya. Rasanya sayang sekali bila harus melewatkan judul yang satu ini.

Oh iya. Silakan pantau 15 menit sebelum film ini berakhir. Sebab menyuguhkan adegan yang paling menakjubkan yang ada dalam film ini.

9/10.

Tambahan:
Whiplash masuk dalam nominasi "Best Picture" dalam ajang Piala Oscar 2015 yang akan dihelat pada tanggal 22 Februari mendatang.

No comments: