Monday, January 26, 2015

THE IMITATION GAME

Bisa dikatakan bahwa The Imitation Game adalah film biopik terbaik tahun ini. Yang namanya biopik, sudah barang tentu mengambil kisah nyata. Menceritakan seorang Alan Turing (diperankan oleh Benedict Cumberbatch), sang ahli matematika berkebangsaan Inggris yang berhasil memecahkan kode Enigma milik Nazi Jerman saat Perang Dunia II sebagai upaya untuk mempersingkat durasi peperangan yang otomatis akan menyelamatkan jutaan nyawa. Akan tetapi kode yang dihadapi berubah terus setiap 24 jam, menciptakan situasi yang memaksa Turing mengambil langkah cepat, mengajukan permohonan untuk membangun sebuah mesin untuk mengalahkan Enigma Nazi, usaha yang semakin mudah ketika Joan Clarke (diperankan oleh Keira Knightley) ikut bergabung.

Walaupun plot cerita yang pada intinya menawarkan cara-cara pemecahan kode, The Imitation Game secara lengkap juga menggambarkan siapa itu Alan Turing secara personal. Mulai dari kehidupan pribadinya yang tertutup, seorang jenius yang susah ditebak jalan pikirannya, kompleks, sedikit perfeksionis sampai dengan rahasia gelapnya yang adalah seorang homoseksual.

Dengan bernuansa thriller berbalut politik-sejarah, The Imitation Game adalah sebuah film yang menegangkan juga menyentuh. Alur cerita lumayan cepat. Jadi penonton tidak akan merasa bosan. Justru merasakan alur yang sangat intens yang membuat penasaran dari menit per menitnya.

8,5/10.

Semoga berkenan.

Tambahan:
Apa yang telah dihasilkan oleh Alan Turing adalah sebuah penemuan yang luar biasa. Sebab penemuan tersebut pada nantinya akan menjadi sebuah alat yang sangat berguna dan membantu salah satu kebutuhan hidup manusia, yaitu komputer.

No comments: