Sunday, January 25, 2015

AMERICAN SNIPER

Film ini mengingatkanku dengan sebuah film yang juga bertema perang. Yaitu The Hurt Locker. Masih ingat? Baik itu American Sniper dan The Hurt Locker sama-sama menampilkan kisah peperangan lengkap dengan semangat patriotismenya. Di sisi lain juga menampilkan dampak pasca perang beserta pengaruhnya secara psikologi. Yang membuat dua film ini berbeda adalah tentu saja The Hurt Locker menceritakan tentang pasukan penjinak bom. Sedangkan American Sniper menyajikan kisah seorang sniper terbaik serta mematikan yang pernah dimiliki oleh tim Navy Seal, tim perang elit yang dimiliki Amerika Serikat, bernama Chris Kyle (diperankan oleh Bradley Cooper). Btw, Chris Kyle ini merupakan tokoh nyata. Jadi bisa dibilang ini adalah film biopik.

Entah bagaimana, menurut saya filmnya biasa-biasa saja. Si sutradara, Clint Eastwood, sepertinya mencoba menampilkan sisi dilematis di film ini. Yaitu keinginan Kyle untuk terus terjun dalam peperangan yang didasari tanggung jawab profesinya sebagai prajurit atau memilih berkumpul bersama istri dan anak-anak yang dicintainya. Usaha Eastwood sebagian berhasil, tapi ada juga yang kurang.

Namun apapun itu American Sniper tetap mampu memberikan sebuah tontonan drama perang/anti perang yang seru, menegangkan serta emosional. Juga menyelipkan beberapa pesan positif ke penontonnya.

7,5/10.

Tambahan:
American Sniper juga masuk dalam nominasi "Best Picture" ajang Piala Oscar 2015.

No comments: