Monday, December 31, 2012

SELAMAT TAHUN BARU 2013

Wah, sungguh tak terasa. Tahun 2012 segera berakhir dalam hitungan jam. Dan tahun baru 2013 sudah mengetuk. Tahun baru artinya umur kita akan bertambah setahun lagi. Makin tua setahun lagi. Dan juga masa inap kita di planet bernama Bumi ini kembali berkurang setahun lagi. Terdengar seram ya? Jangan takut. Pada intinya, marilah kita sama-sama saling mendoakan agar kita memperoleh umur yang panjang dan juga kesehatan yang layak dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Dan juga doakan agar kita meraih kesuksesan yang lebih dahsyat lagi di tahun 2013 nanti. Amin!

Merasa heran juga bingung dengan gambar yang ada di sebelah kiri ini? Tenang saja. Itu adalah Janus. Nama bulan Januari diambil dari nama Janus, yakni seorang dewa Romawi penjaga pintu gerbang. Dewa ini memiliki dua wajah yang saling bertolak belakang. Satu wajah menoleh ke belakang, dan wajah satunya lagi menoleh ke depan. Apa maksud dari semua itu? Hal tersebut melambangkan sebuah tatapan masa lalu dan pandangan ke masa yang akan datang. Janus juga digambarkan sebagai pemisah tahun lalu dan tahun baru. Sebenarnya awal tahun baru itu bermula pada bulan Maret. Saat Julius Cesar berkuasa, dia menambahkan bulan Januari dan Februari. Bulan Maret yang awalnya adalah awal tahun akhirnya menjadi bulan ketiga.

Oh iya. Perayaan malam tahun baru itu merupakan perayaan paling lama yang pernah ada di muka bumi ini. Perayaan malam tahun baru telah dilaksanakan oleh orang-orang Babylonia kuno semenjak 2000 tahun sebelum masehi silam. Waktu itu acaranya diadakan pada awal musim semi. Awal musim semi itu ada pada sekitaran bulan Maret. Seperti yang saya bilang di atas tadi. Maret dulunya memang awal dimulainya suatu tahun. Dan bangsa Babylonia kuno merayakan tahun baru selama 11 hari berturut-turut.

Sekali lagi, SELAMAT TAHUN BARU 2013!

No comments: