Monday, December 24, 2012

SELAMAT HARI NATAL

Wah, Tidak terasa hari ini sudah tanggal 24 Desember 2012. Itu artinya malam nanti merupakan Malam Natal (dikenal juga dengan istilah Christmas Eve). Natal tahun ini sama persis seperti Natal saya di tahun-tahun sebelumnya. Sendirian di rumah! Maklum, nyokap dan adik natalan di rumahnya abang saya yang ada di provinsi Kalimantan Selatan sana. Lagi pula memang sengaja nyokap kok. Biar gak repot-repot mempersiapkan segala sesuatunya di rumah. Haha.

Mungkin ada yang kaget dengan gambar di sebelah kiri ini. Yup, benar sekali. Itu adalah gambar karakter/tokoh komik yang diciptakan oleh Todd McFarlane, apalagi kalau bukan Spawn. Karakter/tokoh komik favoritku! Pada komik Spawn edisi 39, covernya bergambar seperti itu. Spawn yang menggunakan kostum Santa Claus sambil membagi-bagikan kado. Terkesan gelap, sadis dan mengerikan. Tapi keren!

Berbicara soal Natal, salah satu kebiasaan yang rutin saya lakukan adalah sudah pasti dong mendengarkan lagu-lagu Natal. Saya kurang suka lagu-lagu Natal yang versi original. Saya justru suka dengan yang versi nge-rock atau metal gitu. Nah, album yang cocok salah satunya adalah We Wish You a Metal Xmas and a Headbanging New Year, rilis tahun 2008 lalu. Ada yang sudah pernah mendengarkannya? Albumnya keren loh. Di sini bisa disimak beberapa vokalis band-band cadas yang tampil membawakan lagu-lagu tradisional Natal di luar sana. Sebut saja seperti Alice Copper yang membawakan lagu Santa Claws is Coming to Town, Ronnie James Dio (vokalis band heavy metal DIO, sudah meninggal tahun 2010 kemarin) yang membawakan lagu God Rest Ye Merry Gentlemen, Chuck Billy (vokalis TESTAMENT) yang membawakan lagu klasik Silent Night dan masih banyak lainnya. Pokoknya ini album sangat high recommended!

Masih kurang? Sudah pernah menyimak album A Brutal Christmas: The Season in Chaos yang dirilis tahun 2002? Ini lebih gila lagi. Lagu-lagu Natal dicover oleh band-band metal. Mulai dari band beraliran industrial, funk metal, grindcore, viking metal, thrash metal, death metal sampai dengan black metal. Sakit lah pokoknya! Yang saya suka dari album ini adalah sebuah penampilan dari band bernama TORTURED CONSCIENCE yang membawakan lagu Little Drummer Boy. So brutal death metal! Oh iya, di sini juga ada penampilan dari band metal asal Indonesia. Yakni KEKAL. Mereka memainkan lagu God Rest Ye Merry Gentlemen dengan versi mereka sendiri. Asoy!

Oh iya. Jangan lupakan band heavy metal asal New York, MANOWAR. Mereka pernah mengcover lagu Silent Night. Indah banget! Lagunya sendiri dirilis dalam sebuah single dan diedarkan terbatas sebanyak 666 copy.

Buat anak-anak muda, yang biasanya lebih suka dengan band-band metal gaul (ini murni istilah saya aja ya), silakan simak sebuah lagu dari AUSTRIAN DEATH MACHINE yang judulnya Jingle Bells. AUSTRIAN DEATH MACHINE ini merupakan band side project dari Tim Lambesis, vokalis AS I LAY DYING. Rada kencang ala hardcore.

Ah, masih banyak lagi band-band metal yang pernah mengcover lagu Natal. Kalo saya sebutkan satu persatu ntar malah keasyikan ngetiknya. Dan ujung-ujungnya malah review musik. Yang pasti, melalui lubuk hati yang paling dalam (sadis, berat banget kata-katanya) saya ingin mengucapkan SELAMAT HARI NATAL 25 DESEMBER 2012 bagi teman-teman yang merayakannya. Kiranya damai dan suka cita Natal senantiasa menyertai kita dari sekarang sampai selama-lamanya.

Amin.

No comments: