Wednesday, November 12, 2014

NIGHTCRAWLER

Malam minggu kemarin saya nonton film Nightcrawler (tayang midnight). Dibintangi oleh Jake Gyllenhaal (Prince of Persia, Enemy, Prisoners, dll). Seorang aktor yang harusnya tidak asing lagi di telinga kalian. Filmnya bagus. Saya suka banget. Nightcrawler mengambil genre drama/mystery/suspense dengan tema jurnalistik. Ketegangan merupakan hal utama yang dijual dalam film ini. Dan menurutku itu sukses. Ceritanya tak terlalu berat. Gampang dimengerti dan diikuti. Selain itu juga terselip guyonan yang bisa membuat penonton nyengir. Yang perlu diwaspadai adalah adanya adegan sarat kekerasan yang mungkin mengganggu. Makanya film ini memasang rating dewasa.

Bercerita tentang seorang pria bernama Louis Bloom (dipanggil Lou) seorang reporter lepas yang meliput berita kriminal. Lou ini tak hanya berdedikasi dgn pekerjaannya saja, tapi dia juga merupakan sosok yang sangat ambisius. Saking ngototnya dalam mencari berita, Lou akhirnya membuat beritanya sendiri. Membuntuti targetnya dan merekam adegan kejahatan yang dilakukan tanpa niat utk mencegah atau membantu korban. Lou juga mendramatisir tempat kejadian perkara agar mendapatkan berita yang heboh.

Jake Gyllenhaal bermain apik dengan menokohkan Lou yang santun, perhitungan, perfeksionis namun sociopath dan terkadang meledak-ledak. Karakter Lou bisa dibilang abu-abu (bila tidak mau dibilang antagonis) dalam film ini. Memaksa kita sebagai penonton untuk menentukan dan menilai sendiri apakah tindakan Lou itu benar atau salah. Oh ya, demi peran ini Jake Gyllenhaal sampai harus menurunkan berat badannya sebanyak 10 kg. Pantas terlihat kurus.

Nightcrawler sebuah film yang layak untuk disimak. Di saat semua orang sedang berkiblat ke Interstellar dan Big Hero 6, Nightcrawler hadir menawarkan warna dan kejutan serta kegilaan tersendiri. Go for it!

Semoga berkenan.

No comments: