Tuesday, September 09, 2014

LUCY

Lucy adalah sebuah karya terbaru dari sutradara Luc Besson yang dikenal para penikmat dan pecinta film melalui The Fifth Element yang sempat beken itu. Rilis pada akhir bulan Juli kemarin. Film ini diperankan oleh aktris cantik nan sexy Scarlett Johansson. Tentunya kita tidak asing lagi dengan wanita ini, yang kerap kali mengundang decak kagum dalam aksinya sebagai Black Widow di film-film Marvel Studio milik Disney.

Secara garis besar, film ini berceritakan tentang seorang wanita yang secara tidak sengaja terlibat dengan mafia obat terlarang/narkoba. Ia pun dipaksa menjadi seorang kurir dimana barang obat terlarang/narkoba tersebut diselundupkan pada bagian dalam tubuhnya. Suatu ketika, obat terlarang/narkoba itu pecah. Memberikan efek pada Lucy. Efek tersebut adalah meningkatkan kinerja kapasitas otak. Rata-rata manusia hanya bisa menggunakan kapasitas otak cuma 10%, maka Lucy mampu mencapai 100%. Dari sinilah kisah bermulai.

Dapat saya katakan bahwa film Lucy ini sangat science-fiction sekali (there you go, sci-fi freaks!). Premisnya sudah dapat. Sayang eksekusinya saja yang agak lemah. Namun setidaknya kita bisa mempelajari dan menambah pengetahuan tentang apa itu yang namanya otak dan cara memanfaatkannya. Walaupun relatif, penampilan Johansson yang hot turut memberikan kredit tersendiri bagi film ini. Adegan aksi cukup banyak. Cuma agak disayangkan Johansson kurang terlalu terlibat dalam adegan aksi yang hand-to-hand combat.

Banyak pesan yang terkandung di dalam film ini. Contohnya bahwa manusia itu terlalu sibuk memiliki (having) ketimbang menjadi (being). Juga, film ini mengajarkan bahwa manusia itu sebenarnya mahluk spiritual saat ia mampu mengatasi dan melampui dirinya sendiri. Ending dari Lucy mungkin bagi sebagian orang terbilang jelek, nanggung ataupun mengagetkan. Namun saya rasa itu sudah pas, sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan oleh Luc Besson.

Jadi, tidak ada salahnya sih untuk menonton film ini.

Semoga berkenan.

NB: Kredit buat Deetopia atas beberapa pandangannya akan film ini.

No comments: