Wednesday, December 11, 2013

FROZEN

Jangan remehkan film terbaru miliknya Walt Disney ini. Trailernya mungkin terlihat biasa. Demikian bila melihat poster filmnya. Tapi percayalah, cerita dari film animasi arahan sutradara Chris Buck dan Jennifer Lee ini begitu bagus sekali. Bisa saya katakan Frozen adalah film animasi terbaik Walt Disney pada beberapa tahun belakangan ini.

Frozen sendiri ceritanya mengambil (mengadaptasi) kisah tentang Putri Salju (The Snow Queen) yang sudah kita ketahui bagaimana detailnya. Namun kali ini dibuat dengan versi yang beda dan unik. Tersebutlah seorang putri raja bernama Elsa yang memiliki kekuatan sihir. Akibat salah paham dengan adiknya yang bernama Anna dan juga rakyat kerajaan yang takut dengan kekuatan yang dimiliki Elsa, Ia pun pergi meninggalkan kerajaannya. Di sebuah gunung Elsa mendirikan istananya sendiri dan merasa bebas tanpa terusik oleh siapapun. Namun sayangnya dia tidak mengetahui bahwa akibat ulahnya (yang tidak bisa mengontrol kekuatannya) itu keseimbangan alam terganggu. Kerajaan dilanda musim dingin; yang seharusnya sudah masuk musim panas. Anna pun berupaya untuk bertemu dan menolong serta menyadarkan sang kakak Elsa. Pertualangan pun dimulai. Di sini nantinya Anna akan bertemu dengan Kristoff, seorang pemuda yang terkesan urakan namun memiliki jiwa pemberani dan baik hati.

Film animasi yang dibalut dengan musikal ini menawarkan sesuatu hal yang asyik dibandingkan film-film animasi lainnya. Terasa old-skul namun justru di situlah letak kelebihannya. Lagu-lagu serta musik yang ditampilkan juga begitu menawan. Lihat saja bagaimana memukaunya Elsa pada bagian ini.

Bukan film animasi Walt Disney namanya bila tidak menawarkan kelucuan. Kelucuan bisa ditemukan melalui karakter boneka salju bernama Olaf. Dan juga seekor rusa miliknya Kristoff. Mampu membuat penonton tertawa renyah.

Alhasil, Frozen adalah film animasi yang anggun. Sebuah film menyambut Natal yang layak untuk ditonton oleh siapa saja. Baik itu yang muda maupun orang dewasa bahkan seluruh keluarga. Silakan buktikan sendiri jika tidak percaya.

Semoga berkenan.

Tambahan:
Di awal film ada sebuah film pendek Mickey Mouse yang berjudul Get a Horse. Kejutan yang menarik. Pada salah satu adegan di Get a Horse ada diperlihatkan sebuah karakter yang memakai kaos dengan gambar logo perisai Captain America. Salah satu taktik Walt Disney untuk mempromosikan film Captain America: The Winter Soldier yang akan rilis awal bulan April 2014 mendatang. Sebab Marvel Comics adalah perusahaan komik yang berada di bawah bendera Walt Disney. Wajar.

No comments: