Monday, January 25, 2016

THE HATEFUL EIGHT

Menurut saya, The Hateful Eight adalah salah satu film terbaik yang pernah dimiliki oleh Quentin Tarantino. Secara total, film yang semula hendak dijadikan Tarantino sebagai sekuelnya Django Uchained ini, memakan durasi waktu kurang lebih 2,5 jam. Dengan tema cowboy (cowboy), sebuah tema film yang kurang saya minati sebenarnya, The Hateful Eight diisi oleh jajaran aktor kaliber. Sebut saja mulai dari Samuel L. Jackson, Kurt Russel, Walton Goggins, dll.

Film ini bukanlah film aksi tembak-tembakan atau kuda-kudaan khas cowboy seperti pada umumnya. Melainkan sebuah drama berlatar misteri yang dibumbui dengan teka-teki. Menampilkan banyak dialog-dialog panjang. Entah dengan orang-orang, namun bagi saya obrolan-obrolan yang ada dalam film ini sama sekali tidak mendatangkan rasa suntuk, jenuh bahkan bosan. Justru membawa keasyikan dan keseruan tersendiri seiring durasi berjalan karena memang dibarengi dengan materi yang menarik. Bahkan tanpa sadar penonton sudah diajak masuk ke dalam suatu permasalahan atau konflik cerita pada film ini. Walaupun terkesan serius, intens serta tensi yang cukup tinggi, joke-joke verbal kerap dijumpai di sini. Itu sudah lebih dari cukup untuk menggelitik penonton sembari melepas ketegangan.

Bukan Tarantino namanya bila tidak memasukkan unsur kekerasan yang ngeri, brutal, sadis serta berdarah-darah yang menjadi ciri khasnya (layaknya Kill Bill). Bagi yang lambungnya lemah, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi film ini. Karena siapa tahu saja dapat mengakibatkan datangnya rasa mual. Nuansa mencekam film semakin terasa dengan scoring yang juga ikut-ikutan suram.

The Hateful Eight film bertema cowboy (western) yang berada di luar kelaziman. Tetapi karena di luar kelaziman itulah yang menjadikan film ini memiliki daya tarik tersendiri dan unik. Dengan didukung oleh pendalaman karakter yang apik dari para aktor/aktris-nya serta sinematografi yang hebat, wajar sih bila film ini masuk dalam 3 buah nominasi ajang Oscar 2016 yang acara pengumumannya akan dihelat pada bulan Februari mendatang.

8/10.

No comments: