Friday, February 06, 2015

PROJECT ALMANAC

Filmnya mengambil genre science-fiction dan berkisah tentang time travel (perjalanan waktu). Walaupun disutradarai oleh seorang debutan, film ini diproduseri Michael Bay (yang sempat memproduseri film gede seperti Transformers, TMNT, dll). Salah satu hal yang membuatku tertarik ingin menonton film ini, sebenarnya sih.

Bisa dibilang film ini tentang sekelompok anak-anak SMA, serta wajar bila dialognya khas remaja. Konyol, lucu dan jujur. Untuk cerita, sekitar 30 menit pertama alur memang terasa lambat. Namun setelah itu mulai terasa sangat serius dan intens seiring dengan konflik yang terjadi pada tokoh-tokoh filmnya. Project Almanac menitikberatkan pada apa yang terjadi dan bagaimana konsekuensinya bila merubah masa lalu. Tentu memberikan dampak pada realitas sekarang. Emosi dan ego turut mempengaruhi segalanya. Dan pada akhirnya endingnya seolah-olah memaksa penonton untuk memilih apakah kisah ini berakhir baik atau buruk. Tergantung opini penonton masing-masing.

Anyway, film ini menggunakan sudut pandang dari rekaman handycam. Kalau dunia perfilman lazim disebut dengan "found-footage". Beberapa film yang memakai teknik seperti ini sebut saja Paranormal Activity, Cloverfield dan juga Rec). Bagi yang tidak terbiasa mungkin bisa mengakibatkan mata dan kepala puyeng.

Akhir kata, Project Almanac adalah sebuah film yang fun-fun saja menurutku. Tinggal terserah kalian aja lagi sih.

6,5/10.

No comments: